Sejarah Singkat Bruce lee - Lee Xiao Lung

 

Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya Bruce Lee, setiap pakar dan praktisi bela diri pasti mengenal nama Bruce Lee, dia adalah seorang laki - laki yang cerdas dan pandai dalam bidangnya, kalau pembaca nggak kenal...ya kenalan dulu lah,,,,cari tau dulu siapa itu Bruce Lee.

Bruce Lee memang dikenal orang secara umum sebagai pelopor film kung fu China dan berhasil mengubah Image semua orang terhadap film mandarin dan membuat film Mandarin banyak disukai peminat sinema di berbagai belahan dunia. Ada banyak cerita menarik tentang Bruce Lee sang legenda ini. Ingin tahu lebih jauh mengenai dia ? Mari simak informasinya berikut ini.

Bruce Lee dalam bahasa china ( Lee Xiao Long )
lahir pada 27 November 1940, di San Francisco, California. Pada saat itu ayahnya adalah seorang bintang opera Cina yang sedang melakukan tour di Amerika Serikat dan tinggal disana beberapa waktu. Kemudian keluarga itu pindah kembali ke Hong Kong pada 1941. Bruce Lee Tumbuh besar di Hongkong dan Lee menjadi aktor anak yang muncul di sekitar 20 film Hongkong, awalnya ia belajar menari Cha Cha dan kemudian berlatih Wing Chun (juga dikenal sebagai "kung fu" aliran selatan)

Dengan tinggi badan 5 ½ kaki, dengan berat 135 pon, Lee menciptakan seni beladiri JKD (jeet kune do) yang di dapat dari penelitiannya berdasarkan ilmu fisika Newton dan teknik serta prinsip olah raga anggar Eropa dan tinju ala Barat. Prinsip seni bela diri ini adalah menahan serangan kepalan tangan atau kaki. Gerakannya sangat cepat, sehingga dalam film-filmnya para editor harus memperlambat film agar semua penonton dapat melihat gerakan-gerakan Bruce Lee, sekedar informasi bahwa Bruce Lee bisa melayangkan 2 pukulan dalam waktu 1,5 detik, jadi kalau dalam kamera itu sama sekali tidak terlihat makanya dalam filmnya adegan bruce lee agak diperlambat.  Karier film Hongkong Bruce Lee dimulai ketika dia berusia enam tahun. Sutradara dari film terakhir ayahnya melihat dia di suatu tempat dan dia sangat tertarik, lalu menawarkan Bruce bergabung di dalam film ayahnya itu. Ini adalah permulaan, pada masa berikutnya lebih dari dua puluh film dihasilkan dan terus meningkat kepopulerannya di Hongkong.

Bruce Lee mulai berlatih seni bela diri terutama untuk mengatasi ketakutannya karena dihina dan dicaci maki oleh teman-temannya. Setelah itu dia mulai berlatih seni bela diri dan Hasilnya, di bawah bimbingan seorang guru besar Yip Man Wing Chun, Bruce menjadi seorang ahli beladiri yang pandai. 

Seiring berjalannya waktu, Bruce Lee tumbuh dewasa. Semangatnya terhadap beladiri semakin nyata. Mr. Yip Man sangat menyukainya dan mengajarkan dia banyak tekhnik rahasia kung fu Win Chun. Dia pun menjadi seorang ahli Kung Fu Wing Chun.

 

Setelah itu dia menemukan teknik menggabungkan tarian Cha Cha yang pernah dia pelajari dengan Kung fu Wing Chun Dia mempunyai ketangkasan untuk itu dan dengan cepatnya menjadi ahli dan setelah itu Bruce Lee banyak terlibat dalam perkelahian jalanan. Pada tahun 1959 orang tuanya memutuskan untuk mengirimnya untuk tinggal dengan temannya di Amerika Serikat, ketika dia lulus sekolah SMA. Ketika dia tinggal di Seattle, Bruce diijinkan untuk tinggal di loteng restoran sebagai pertukaran atas jasanya sebagai seorang pelayan. Bruce menyelesaikan sekolah SMA dan melanjutkan kuliah. 

Pada siang hari dia pergi kuliah di Universitas Washington dan malam harinya dia bekerja di restoran. Setelah beberapa bulan, dia memutuskan bahwa gaya hidup seperti ini bukan untuk dia jalani. Dia berhenti dari pekerjaannya di restoran dan memulai mengajar Kung fu. 

Pada usia dua puluh dua tahun, Bruce mengarang sebuah tulisan yang sangat unik yang dia beri judul ‘GUNG-FU CHINA’. Sebuah seni filosofis dari BELA- DIRI.

Sebelum Bruce menyelesaikan kuliah filsafatnya, dia bertemu dengan Linda Emery, seorang mahasiswi wanita berambut pirang yang mendaftarkan diri sekelas dengannya dan pada tahun 1964 mereka menikah. Setelah itu, dalam waktu singkat mereka pindah ke Kalifornia. Pada tahun 1965, anaknya Bruce, Brandon lahir. Beberapa tahun kemudian anaknya Shannon dilahirkan. 

sangat banyak sekali cerita sejarah tentang bruce lee ini, namun ini saya jadikan sangat singkat, namun tidak mengurangi inti dari perjalanan bruce lee, ya kalau ada yang kurang silahkan ditambahkan saja dirumah atau berikan kometar disini agar pengunjung lain ikut melihat,,,salam sukses dari blogger pemula..

Facebook Comment