Latihan Belajar Wing Chun Sendiri - Otodidak

 

Dengan adanya kita mengetahui tutorial dan latihan dasar yang benar dan tepat maka kita sudah bisa melakukannya sendiri sambil memahami teknik - tekniknya, ya tentunya dengan latihan yang rutin dan tekun agar semua gerakan dasar yang kita pahami tersebut dapat kita ketahui dengan baik dan bisa diaplikasikan dengan benar. Yang pertama kita ketahui adalah :


Posisi Kuda - Kuda Wing Chun

Ketika kita mendengar KUDA - KUDA, bagi praktisi beladiri atau orang awam sekali pun pasti membayangkan POSISI BERDIRI, terkadang ada sebagian orang yang mungkin mengabaikan kuda-kuda, padahal sebenarnya ini merupakan hal yang penting bagi setiap beladiri termasuk juga didalamnya wing chun, karena kalau kita tidak mengenali posisi kuda-kuda dengan baik dan benar maka kita akan kesulitan saat mengaplikasikan gerakan dari beladiri itu sendiri.
 
 

Seperti yang saya ketahui bahwa kuda-kuda ini melambangkan bumi yang artinya tempat kita berpijak atau bertumpu dan juga kuda-kuda ini juga berfungsi untuk mengontrol tenaga serangan dan bahkan tenaga dalam sekalipun.

Kuda-kuda dalam setiap aliran beladiri banyak sekali versi, model dan gayanya sehingga banyak yang mengatakan kalau kuda-kuda aliran A lebih baik, kuda-kuda aliran B lebih baik dan seterusnya. Dan kita selaku orang-orang yang cerdas tidak bisa mengatakan demikian karena setiap kuda-kuda baik digunakan pada saat tertentu semunya baik dan bagus tergantung kondisi kita pada saat pertarungan, ya tentunya ada kuda-kuda yang tepat dari sekian banyak kuda-kuda yang kita kenal dari berbagai aliran beladiri.

Wing chun sendiri menggunakan kuda kuda Gunung, kalau dalam bahasa China disebut dengan istilah San Zhan, kalau dalam dalam bahasa jepang lain lagi yakni San Chin Daiichi. Lartihan pertama beladiri wing chun ini adalah latihan kuda-kuda tetap. kenapa harus seperti itu..???,,latihan kuda-kuda wing chun ini sangat berguna untuk kekuatan jari kaki, telapak kaki, bagian samping kaki, paha sampai tulang ekor, ini dilatih dengan tujuan agar dapat berkolaborasi untuk menjaga kestabilan dan juga untuk meningkatkan fleksibelitas gerakan kaki sehingga gerakan kaki menjadi lebih ringan.

Oke, untuk saat ini Kuda-kuda dulu ya, karena saya ada keperluan lain nich,,,,,nanti saya lanjut lagi,...salam sukses dari blogger pemula.....

Facebook Comment