Materi Latihan Taekwondo

 

Dalam beladiri taekwondo ada serangkaian latihan yang harus kita jalani untuk menjadi seorang taekwondois, jadi dalam latihan itu tidak asal sembarangan saja ada tahapan-tahapan untuk mencapai tingkat yang tinggi dalam ilmu beladiri taekwondo disini yang akan saya sampaikan ada Tiga materi dalam latihan yakni:
  • Poomsae atau rangkaian jurus adalah rangkaian teknik gerakan dasar serangan dan pertahanan diri, yang dilakukan melawan lawan yang imajiner, dengan mengikuti diagram tertentu. Setiap diagram rangkaian gerakan poomse didasari oleh filosofi timur yang menggambarkan semangat dan cara pandang bangsa Korea.


  • Kyukpa atau teknik pemecahan adalah latihan teknik dengan memakai sasaran/objek benda mati, untuk mengukur kemampuan dan ketepatan tekniknya. Obyek sasaran yang biasanya dipakai antara lain papan kayu, batu bata, genting, dan terkadang menggunakan benda yang lembut seperti kertas. Teknik tersebut dilakukan dengan tendangan, pukulan, sabetan, bahkan tusukan jari tangan.
  • Kyorugi atau pertarungan adalah latihan yang mengaplikasikan teknik gerakan dasar atau poomse, dimana dua orang yang bertarung saling mempraktikkan teknik serangan dan teknik pertahanan kaki.

demikian serangkaian latihan yang harus dijalani agar kita bisa mencapai tingkatan yang baik dalam aliran beladiri taekwondo..salam sukses dari blogger pemula


Facebook Comment