Beberapa Gerakan Dalam Seni Bela diri Capoeira

 

Capoeira tidak saja menjadi sebuah kebudayaan, tetapi juga sebuah olahraga nasional Brazil, dan para guru dari negara tersebut membuat capoeira menjadi terus menerus lebih internasional, mengajar di kelompok-kelompok mahasiswa, bermacam-macam fitness center, organisasi-organisasi kecil, dll. Siswa-siswa mereka belajar menyanyikan lagu-lagu Capoeira dengan bahasa Portugis – “Capoeira é prá homi, / mininu e mulhé...” (Capoeira untuk laki-laki, / anak-anak dan perempuan).

Di Indonesia, sama seperti di negara-negara yang lain, kemungkinan Capoeira akan semakin berkembang.

Beberapa gerakan dalam Capoeira:

1. Ginga
2. Handstand
3. Backflip
4. Headspin
5. Handstand Whirling

1. Ginga
Ginga ( Jin gah ) adalah Gerakan dasar pada Capoeira.
Pada Capoeira Angola Ginga dilakukan Secara bebas dan sangat individualistis, sedangkan pada Capoeira Regional Biasanya terstruktur, namun Style Pribadi masih diijinkan.
Ginga merupakan sebuah perwujudan Expresi dan Style Pribadi. Ginga dilakukan sebagai persiapan untuk melakukan gerakan-gerakan yang lain, misalnya menyerang, menghindar, mengelak dan gerakan lainnya.


2. Handstand
Handstand adalah tindakan mendukung tubuh dalam posisi yang stabil vertikal terbalik dengan menyeimbangkan di tangan. Dalam handstand dasar tubuh sejajar lurus dengan lengan dan kaki sepenuhnya diperpanjang, dengan tangan berjarak sekitar selebar bahu. Ada banyak variasi handstands, tetapi dalam semua kasus pemain handstand harus memiliki keseimbangan yang memadai dan kekuatan tubuh bagian atas.


3. Backflip

Backflips bisa dimulai dari posisi, diam berdiri dan mereka juga sering dilakukan segera setelah langkah lain rotasi, seperti sebuah roundoff, sehingga untuk mengambil keuntungan dari momentum sudut dikembangkan pada langkah sebelumnya. Dalam hampir semua kasus, tangan tidak pernah menyentuh lantai selama pelaksanaan flip dan berusaha untuk mendarat dalam posisi berdiri.
4. Headspin

Headspin adalah sebuah langkah atletik di mana seseorang salto di atas kepala mereka sambil berputar sepanjang sumbu vertikal tubuh mereka, biasanya tanpa bentuk bantuan lain. Langkah ini umum digunakan dalam Afro-Brasil seni beladiri Capoeira dan breakdance. meskipun b-boy Freeze Kid kadang dikreditkan dengan memiliki menemukan Headspin itu, rekaman pertama yang diketahui dari langkah ini terlihat pada 1933 Anak laki-laki film, Liar di Jalan Raya. Salah satu protagonis film ‘Eddie’ Edward Smith, yang diperankan oleh Frankie Darro, melakukan Headspin pada tanda menit 67.
5. Handstand Whirling




Facebook Comment