Alat Musik Yang di Gunakan Dalam Seni Beladiri Capoeira

 

Berbeda dengan beladiri yang lainnya itulah yang terlihat ketika memperhatikan pertunjukan seni bela diri capoeira, betapa tidak seni bela diri yang satu ini menggunakan alat musik untuk penggiring gerakan dari para pemainnya, tapi yang nama nya seni beladiri akan ditampilkan seindah mungkin walaupun dengan menggunakan alat musik sebagai penggiringnya, berikut alat-alat musk yang digunakan dalam pertunjukan seni bela diri capoeira.

1. Satu Berimbau Gunga
Merupakan Single String Percussion Instrument, berbentuk busur dan terbuat dari kayu biriba dan kawat dengan caba├ža (labu ) kering yang telah dikeluarkan bagian dalamnya sebagai resonator, biasanya bunyinya "tung tung tung"
 


2. Satu Berimbau Berra-boi
hampir sama dengan berimbau Gunga ketika anda melihat gambarnya akan terlihat perbedaan pada besar kecilnya Cabesa

3. satu Berimbau viola
sama dengan yang diatas perbedaannya hanya cabesa nya lebih kecil dari berimbau berra-boi


4. Satu atau dua pandeiros
Mungkin kita lebih mengenalnya sebagai tamborin, namun ada dua hal penting yang membedakannya dengan tamborin seperti biasanya, yaitu pertama tarikan (tension ) pada kepala pandeiro bisa di setting nada rendah atau nada tinggi. Dan kedua untuk kerincingnya lebih kering dan kurang kencang dibanding tamborin biasa.Terdiri dari lingkaran yang terbuat dari kayu yang di cover dengan cymbal yang kecil, dan tengahnya terbuat dari kulit binatang.


5. Satu Atabaquê
Alat Drum yang dimainkan dengan tangan ( gendang ), biasanya tinggi terbuat dari kayu dan pada bagian yang dipukul terbuat dari kulit anak sapi. bagian bawahnya terbuka sehingga bisa beresonansi

6. Satu Agogo
Percussion Instrument ini terdiri dari iron bells yang akan beresonansi ketika dipukul dengan pemukul yang terbuat dari besi

7. Satu reco-reco
Percussion Instrument ini terbuat dari bambu atau kayu dicover oleh bubungan transversal sehingga menimbulkan bunyi seperti garutan / goresan.


Facebook Comment